Ku Ingin Indonesia DiKenal Dunia


Saya senang dilahirkan di Indonesia dan masih bertempat tinggal di Indonesia. Bagi saya Indonesia adalah tempat yang indah dan penuh keanekaragaman. Saya tinggal di Kotabaru, Kalimantan selatan. Di tempat saya tinggal masih terdapat keindahan dari hijaunya pepohonan yang terhampar luas.
Di lain pihak saya juga sangat sedih melihat keadaan Indonesia sekarang, kebiasaan warga negarannya dan tindakan pemerintah. Indonesia kaya akan budaya, adat istiadat, dan lain sebagainya yang asli dari Indonesia. Tapi, entah kenapa banyak budaya Indonesia belum di perkenalkan kepada dunia. Sungguh Indonesia sekali yang tidak menghiraukan bahkan menganggap sepele akan hal itu. Setelah terjadi, baru pemerintah bertindak. Di saat budaya Indonesia diakui oleh Negara lain sebagai budayanya, Indonesia mulai menaruh perhatiannya. Apa itu tidak terlambat?, terus apa gunanya pepatah ”mencegah itu lebih baik dari pada mengobati”.

Indonesia kaya akan budaya, dan itu suatu kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai warga Negara Indonesia. Saya hanyalah calon mahasiswa tidak punya kekuatan untuk mengajukan pendapat saya secara langsung!, walaupun bisa, itupun tidak lah ditanggapi. Seharusnya pejabat-pejabat kaya jangan hanya memikirkan kekayaannya saja. Berpalinglah ke Indonesia, tempat kamu tinggal untuk menentukan nasib. Jangan hanya menonton ataupun mengeluh. Tetapi, lakukanlah, untuk tanah airmu, hargailah pahlawan yang telah membuat kamu merasakan semua ini. Kekayaan yang kamu miliki, semua itu tidak sebanding dengan kekayaan budaya, adat istiadat, kesenian, bahasa, lagu daerah, tari, dan masih banyak lagi yang dimiliki Indonesiamu. Jangan biarkan semua itu dirampas orang lain.

Selain itu warga Negara Indonesia juga bisa ikut mendukung kemajuan Indonesia dengan menghilangkan kebiasaan buruknya, agar Indonesia tidak berjalan di tempat. Pasti warga Negara Indonesia menginginkan akan hal itu. Tetapi, kenapa sangat sulit bagi mereka menghilangkan kebiasan buruk itu, paling Indonesia sekali. Warga negaranya tidak bisa menyaring teknologi sekarang, mereka hanya berpikir “kesenangan dan kebahagian untuk keluarga saya dan Indonesia saya tidak perduli itu urusan pemerintah”. Sungguh Indonesia sekali, ketika pemerintahan melakukan kebijakan mereka malah protes, padahal hal itu diakibatkan oleh mereka sendiri. Waga Negara Indonesia kebanyakan sangat malas untuk jalan kaki dan akibatnya polusi dan kemacetan. Mereka juga yang nantinya akan susah dan hanya bisa mengeluh kepada pemerintah. Yang paling tidak saya suka adalah gengsi yang di miliki sebagian warga Negara Indonesia, malu buang sampah ke tempatnya, bangga buang sampah ke sungai, mobil buat pamer, rokok biar gaul, preman menandakan jago, korupsi karena tidak puas, narkoba buat menghilangkan stress, yang penting izasah ilmu belakangan, uang adalah segalanya, ingin selalu praktis, dan lain sebagainya. Tidak semuanya seperti itu, walaupun itu Indonesia sekali, tetapi ada juga warga Negara yang mulai sadar tetapi jumlah mereka masih sangat sedikit dibandingkan yang belum menyadarinya.

Saya tidak setuju begitupun dengan kalian jika hal-hal negatif adalah cara agar negara lain mengingat Indonesia. Marilah hilangkan kebiasaan buruk itu, jangan biarkan itu sebagai ciri khas buat masyarakat dunia mengenal kita.

Saya juga mengeluhkan kerja wakil-wakil rakyat, apa itu juga merupakan kebiasaan wakil-wakil rakyat di Indonesia. Menginginkan kenaikan gaji, ingin tempat mereka bekerja di ubah bagaikan surga, memprotes saat pemerintah menginginkan sesuatu yang memerlukan banyak uang seperti saat militer menginginkan tank canggih buat memperbaharui militernya, padahal itu untuk kepentingan Negara dan juga menjamin keamanan warga negaranya.
Saya sering melihat di berita, mereka juga sering absen bekerja. Seandainya rakyat bisa mengeluh secara bersama-sama mungkin seperti ini yang akan terdengar.
“ Wahai wakil rakyat jangan sia-siakan perjuanagn kami, memberikan pajak kepada pemerintah, dan pemerintah memberikan sebagiannya kepada kalian agar bersungguh sungguh saat bekerja. Ini apa jawabmu, kalian malah malas bekerja walaupun tak semua dari kalian, tapi ketahuilah kami sangat berharap kepada kalian.”
Menurut saya teknologi militer Indonesia sudah ketinggalan dengan Negara lain baik dalam segi jumlah maupun kualitas. Selalu berada dibawah tidak berusaha untuk ke atas, Indonesia sekali. Seandainya saja Indonesia memiliki kekuatan militer yang hebat pasti Negara lain akan menaruh sedikit rasa takutnya kepada Indonesia dan Negara lain tidak bertindak semena-mena terhadap Indonesia, terutama untuk warga Negara Indonesia, yang sering dirampas haknya dan juga budaya serta wilayah Indonesia yang dengan mudahnya direbut.

Yang paling Indonesia, biaya pendidikan yang mahal serta ospek yang ada di sebagian perguruan tinggi di Indonesia. Ospek menurut saya hanyalah ajang balas dendam dan terlalu aneh di jaman modern ini. Biaya pendidikan di perguruan tinggi seperti menginginkan anak bangsa tidak harus memiliki kecerdasan tinggi biar penerus bangsa kalah dengan warga Negara lain. Hebat, yang penting uang dan saya kaya, apa tidak ada kata lain. Mereka adalah penerus bangsa yang akan membuat Indonesia di kenal dunia suatu saat nanti, bukan hanya kekayaan alamnya tetapi kualitas yang dimiliki warga negaranya, izinkan mereka menerima hak pendidikannya.

Moga suatu saat nanti yang dinyatakan PALING INDONESIA adalah kedisplinannya, perhatiannya, tekadnya, hati nuraninya, serta kerja kerasnya dan lain sebagainya. Sehingga dunia akan mengenal Indonesia dengan sebutan Negara maju dan modern yang perilaku masyarakatnya sangalah luar biasa dalam membuat Indonesia menjadi lebih baik.

15 thoughts on “Ku Ingin Indonesia DiKenal Dunia

  1. Marilah jadi warga negara yang baik..🙂
    Saya ingat kata – kata senior saya waktu masih maba dulu ,”Ambil baiknya, buang buruknya, ciptakan yang baru..”
    Saya bukan mau Indonesia jadi negara maju.. saya mau Indonesia tetap jadi negara yang bersahaja dengan keramahan dan kecerdasannya.. orang Indonesia itu banyak kok yang pintar, tapi banyak yang tinggalkan negaranya,soalnya kurang dihargai.. tau tidak, dokter2 yang katanya hebat di singapura itu katanya orang Indonesia, Pak Habibie yang bikin pesawat terbang saja ndak bakal balik ke Indonesia kalo Ibu Ainun ndak meninggal..
    well, nice post.. tulisan – tulisan penuh mimpi dan pikiran positif.. sekarang saya sudah tidak bisa bikin tulisan kayak begini.. Lebih sering apati.. >_<
    keep post🙂

  2. Kotabaru ya? hmmmm, saya sangat suka menikmati matahari terbit di siring kota kamu.

    sangat miris sekali rasanya melihat budaya indonesia yang mulai “dilupakan” oleh generasi muda. khususnya budaya Banjar, dan saya sangat menyukai musik panting, apalagi sambil memainkan lagu PARIS BARANTAI.🙂

    • long post pertamax yang tra buat. nanti jika tra jadi presiden tra akan buat indonesia menjadi negara yang kuat militernya seperti iran.

  3. saya yakin indonesia sama pintar dan hebatnya dengan negara2 asia lain seperti jepang atau bahkan eropa. tapi mungkin kita agak terlambat berkembang, entah karena kepercayaan diri yang lemah karena trauma masa penjajahan atau karena kita mewarisi budaya korup dan penjajahan itu sendiri yang memengaruhi karakter pemimpin dan penguasa pemerintahan.😕 apapun itu saya ikut berharap semoga semua yang bagus2 di indonesia itu bisa berdiri melebihi kekuatan korupsi dan budaya kekerasan. Aamiin..

Silahkan bicara Sobat ::

