Imajinasi Dan Karya Saya Di Masa Lalu


Cerita saya saat saya duduk di bangku smp. Di mana saat itu saya senang berkarya. Atau yang lebih tepatnya membuat kerajinan tangan, menggunakan barang bekas dan barang-barang yang saya temui. Saat saya membuat miniatur suatu benda besar terasa saya telah membuat dunia baru versi saya sendiri.

Saya lebih banyak membuat kerajinan tangan yang berkenaan dengan kesukaan saya waktu itu yaitu mainan. Kebanyakan karya saya terbuat dari kertas atau karton ada juga yang dari majalah ataupun Koran bekas. Saat membuatnya saya suka menghabiskan waktu berjam-jam lamanya dan hanya berada di dalam rumah saja.

Saya sangat menyukai film animasi saat itu. Seperti One Piece, Naruto, Ben 10, dan lain-lain. Sekarang saya sudah lulus dari bangku sekolah menengah atas dan film animasi itu masih saya sukai sampai saat ini. Tetapi minat atau hobi saya saat SMP mulai pudar.

Beberapa karya yang pernah saya buat saat imajinasi saya benar-benar lagi semangatnya. Catatan semua ini hanya mainan yang terbuat dari kertas, jadi bukan sungguhan. Jika sungguhan sudah pasti saya terkenal. Diantaranya yaitu sesuatu yang mirip Komputer, Laptop, Taman Bermain, Anjing, Kucing, Manusia, Robot, Kapal Perang, Tank, Pesawat Tempur, Pesawat Penumpang, Roket, Playstation, Bom Waktu, Rumah, dan sebagainya. Jika saya teruskan mungkin tulisan kali ini akan penuh dengan mainan-mainan yang saya buat. Saya akan sedikit memaparkan karya saya di atas yang telah saya sebutkan.

Saat itu saya mempunyai pikiran untuk membuatnya sama persis baik fungsi maupun bentuknya tetapi dalam persi kecil atau bentuk mainan. Kebetulan saat itu saya berbadan kecil dan imut.
Komputer dan laptop, dua benda itu saya terinspirasi dari film teoris yang hanya berdiam diri dirumah saja tetapi bisa membuat geger seluruh kota. Gak ingat judul filmnya tetapi yang saya ingat adalah alur ceritanya yang keren. Dua benda itu saya buat dari karton putih dan kertas tulis, magnet, besi dan lain-lain, yang berhasil saya buat sebagai tempat bermain saya. Sangat menyenangkan bagi saya bisa memainkan permainan yang saya buat. Saya dapat bermain tokoh teoris itu dari permainan kertas yang saya rancang sedemikian rupa yang berada di dalam dua benda yang meniru bentuk aslinya yaitu computer dan laptop. Bingung untuk menjelaskannya agar dapat dimengerti. Seharusnya saya memperlihatkan benda itu tetapi sudah hancur dimakan rayap. Versi terbarunya yaitu playstation dan Taman Bermain. Karya saya yang ini membuat teman saya tertarik untuk membelinya.
Saya juga membuat percobaan sederhana, tentang ledakan. Saat itu Pesawat Adam Air selalu muncul di depan televisi saya, maksud saya berita pesawat itu sedang jatuh, haha bahasa saya aneh membuat saya sendiri bingung.
Saya jadi tertarik saat itu, sebenarnya saya suka ledakan saat taman kanak-kanak, saat TK saya berhasil membuat petasan saya sendiri. Kembali saat saya duduk di bangku SMP. Berita pesawat jatuh itu pertama kali saya lihat. Dan saya mulai membuat beberapa karya sekaligus, seperti Pesawat Penumpang yang mirip dengan pesawat sungguhan tetapi dari kertas dan warna nya gak bagus, saya gak tertarik buat mewarnai pesawat itu. Saya juga membuat bom waktu, gak sungguhan lo tetapi bisa meledak pada saatnya nanti, untuk satu ini bukan hanya sekedar kertas yang saya perlukan tetapi alat-alat lainnya yang dapat memicu ledakan, tidak saya sebutkan karena tidak boleh. Keren pada saat melihat pesawat buatan saya itu meledak. Wow, sayangnya saya gak punya hp saat itu untuk mengabadikannya.

Pesawat tempur, Kapal Tempur, dan Tank saya buat saat saya mulai menemukan cita-cita saya , yaitu jadi pimpinan/ komandan militer. Kasian itu hanya mimpi karena tubuh saya yang hanya setinggi pohon yang berukuran 160 cm.
Kucing, Anjing, Manusia, Robot, dan Kapal Bajak Laut yang semuanya merupakan tiruannya saja, sengaja saya buat saya untuk bahan bermain saya dengan adik saya.

Setelah duduk di bangku Madrasah Aliyah hal-hal itu mulai saya tinggalkan, oh ya saya masih teringat saat membuat Rumah Rumahan dan saya kasih bom sama seperti dingan nasib pesawat yang saya ledakan tadi. Rumah itu habis terbakar, beberapa hari kemudian terjadi kebakaran sungguhan di dekat rumah saya, beruntung apinya cepat dipadamkan sehingga rumah saya tidak ikut terbakar, semenjak itu saya mulai takut dengan api. Sayangnya ledakan yag saya buat selalu menghasilkan api, jadi saya tinggalkan hal itu walaupun ketertarikan saya dengan ledakan masih ada. Hal itu terpengaruh oleh salah satu tokoh idola saya di animasi naruto, yaitu Deydara. Katanya ledakan itu indah.
Saya mulai tidak melakukan pembuatan karya-karya itu lagi. Lebih senang menulis dan membaca. Kapal Miniatur Bajak Laut Dari Kertas Karya terakhir saya yang masih tersisa yaitu kapal bajak laut Topi Jerami di serial animasi One Piece.
Sekian cerita masa lalu saya. Padahal masih banyak lagi tapi untuk saat ini hanya itu. Dan sekaligus untuk memenuhi permintaan sahabat blogger saya Ilham.

51 thoughts on “Imajinasi Dan Karya Saya Di Masa Lalu

  1. ane aja smpe skrng msh snng sob ma film2 animasi ky one piece atau naruto wlaupun kalo dr segi umur udah agak malu jg.πŸ˜†
    slama hobi dn ksnangn tu ga ganggu orng lain, lanjutkn aja.πŸ˜€

    • one piece dan naruto memang untuk remaja dan dewas kak , jadi gak apa apaπŸ˜€ . kalo anak anak sangat tidak baik nonton animasi yang ada kekerasannya. dianimasi itu saya mengambil yang positifnya, yaitu sifat pantang menyerah, terus berusaha, kesetiaan kawan, dll. kalo anak anak pasti sulit untuk menyaringnya.

      Karena hobi saya tidak mengganggu orang lainπŸ˜€ saya akan lanjutkan. terimakasih kak.

  2. wah jadi teringat masa lalu saya juga.. kalau dulu saya suka bikin aneka macam benda dengan lilin yang warna-warni itu… dan tentang film animasi: suka suka suka terutama naruto.. dah punya koleksi naruto shippuuden sampai seri terakhir blum? semenjak hardisk saya penuh skarang jarang download lagi😦

    • πŸ˜€ karena saya suka sekali dengan one piece jadi punya keinginan membuat sesuatu yang berhubungan dengan one piece. maklum saat kecil saya gak punya banyak mainan

  3. ini keren banget Tra…πŸ˜€ mungkin nanti kamu bisa ngajarin orang lain atau anak2 kecil buat bikin karya2 seperti ini. putra bikin ledakan caranya gimana?πŸ˜• itu ledakan beneran? mungkin putra bisa jadi the next michael bay (sutradara transformers yang seneng sama adegan ledakan).πŸ˜‰

    • cara buatnya kumpulin bahan bahan yang bisa terbakar, kumpulin jadi satu dan bla bla. haha buat apa ilham?, hehe tra juga ingin jadi sutradara film. haha nanti buat film yang berjudul ledakan diujung tanduk. gkgk

    • wakaka keren tuh. saya mau dong jadi pemainnya. sebagai janda penjual rambutan yang rambutannya bisa meledak kalo dilempar.πŸ˜†

Silahkan bicara Sobat ::

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s