Saranjana Kota Ghaib Di Pulau Halimun


KOTA SARANJANA ” Yang Damai dan Teduh

Saranjana adalah sebuah kota ghaib yang tidak asing ditelinga warga Kotabaru bahkan sudah sejak dulu orang mengetahui dari cerita mulut ke mulut hikayat kota itu. Konon kota ini di huni sebangsa makhluk ghaib , negeri ini nampak rapi dengan jalan raya yang lebar , gedung perumahan yang megah dengan pagar rumah tinggi mengkilat , masyarakat hidup dengan bertani dan bahkan banyak yang menunaikan ibadah haji di musim haji. Terdapat Sebuah Desa dengan bunga dikanan kiri jalan, rumah teduh, tertata rapi dan penduduk yang beraktifitas dengan rukun, damai kata kawan saya itu.
Konon disana juga ada semacam bupati atau gubernur -penguasa wilayah.

Bila ada yang sengaja mencari daerahnya kebanyakan mereka tidak menemukan. Ada yang mengatakan bahwa daerah Saranjana dihuni oleh Jin Muslim dengan sistem kenegaraan adalah Kerajaan dan sitem pemerintahan adalah Monarkhi Konstitusi artinya pemerintahan Raja yang dibatasi oleh Undang-Undang. Cerita dari orang yang pernah masuk ke Saranjana, disana nasinya lebih besar dari nasi di dunia nyata, buah jambunya lebih besar dari jambu di dunia nyata, tapi begitu buah jambunya dibawah kedunia nyata, ajaibnya buah jambu itu berubah seperti buah jambu biasa.

Gunung Bamega Kabupaten Katabaru
Foto Gunung Bamega Di Kabupaten Kotabaru

Masyarakat Kotabaru mempercayai mitos Kota Saranjana ini.
Letak pasnya Kota Saranjana ini tidak ada yang mengetahui secara jelas. Yang pasti letaknya ada di pulau Halimun yang sering dikenal pulau laut, kab kotabaru, kalsel.

Banyak cerita mistis yang berkaitan dengan Kota Saranjana ini, para penduduk Kotabaru tidak mau terlalu terbuka bila ditanya soal Kota Saranjana ini. Termasuk saya orang asli Kotabaru. Posting ini sekedar memenuhi permintaan sobat yang ingin tahu tentang Saranjana.

Kota Saranjana ini sekarang layaknya seperti kota metropolitan, dulu Saranjana berupa perkampungan kerajaan. Tetapi menurut cerita Saranjana berkembang menyesuaikan jamannya, kata orang yang mempunyai kelebihan. Terus ada juga cerita kalau beberapa dealer motor, mobil dan alat berat beberapa kali mendapat orderan dengan uang kontan, cuma biasanya mereka disuruh meninggalkannya disuatu tempat begitu saja, dan beberapa saat barang pesanan itu sudah menghilang.

Pernah terjadi pertengahan tahun 80an, pejabat Pemda Kotabaru menerima tamu dari Jakarta yang ingin mengantarkan pesanan alat berat dengan tujuan Saranjana-Kotabaru namun tidak ada tempat yang detail untuk mengantarkan pesanan tersebut. Sementara Pemda-pun tidak pernah sama sekali memesan alat berat, sementara biaya pemesanan sudah dibayar lunas. Yang diyakini hal tersebut dilakukan oleh oleh orang Saranjana.

Orang Kotabaru berpendapat kota Saranjana adalah kota yang indah dengan penduduk yang cantik dan gagah yang katanya siapa yang masuk ke alamnya orang tersebut tidak ingin pulang karena takjub dengan kotanya serta penduduknya yang ramah-ramah. Sehari disana, setahun kita disini.

Kata orang ciri-ciri penduduk Saranjana ini fisiknya sama seperti manusia pada umumnya, cantik dan tampan..

Selain cerita di atas, ada juga cerita dari pengalaman orang yang pernah merasakan keberadaan Saranjana.

Seorang ibu yang bertepat tinggal di Lontar (bagian wilayah pulau laut) bercerita bahwa pada saat malam hari terdengar suara ramai deretan mobil lewat di depan rumahnya. Setelah dilihat ternyata tidak nampak satupun kendaraan yang lewat pada waktu itu dan dia meyakini bahwa suara tersebut berasal dari orang-orang Saranjana yang kebetulan melewati depan rumahnya.

Pak Sulaiman seorang bekas kepala desa di Teluk Tamiang juga bercerita bahwa kakeknya sudah lama hilang dan diambil oleh orang-orang Saranjana untuk dijadikan imam masjid di sana.

Beda lagi dengan cerita Pak Bedi seorang nelayan yang tinggal di Teluk Tamiang bagian timur, dia kehilangan neneknya di laut dan menurut penerawangan orang alim sekarang neneknya masih hidup dan tinggal di Saranjana.

Hal serupa juga terdengar dari seorang bapak disebuah warung pisang goreng di pinggir jalan menuju pelabuhan Tanjung Serdang. Dia bercerita pada saat di dalam kapal ferry menuju Pelabuhan Batu Licin nampak di dalam kapal dipadati oleh banyak orang. Begitu kapal merapat ke dermaga tiba-tiba dalam sekejab suasana di dalam kapal menjadi sepi dan hanya terlihat sedikit orang saja. Kata penumpang kapal yang lain orang-orang yang ramai di dalam kapal tadi sebagian adalah orang-orang dari Saranjana.

Belum lagi cerita tentang rotan yang dikirim ke Surabaya atas nama kota Saranjana, puluhan mobil mewah yang dipesan dengan tujuan kota Saranjana, dan lain lain….
Padahal dalam peta administrative daerah Kalimantan Selatan tidak pernah tecantum nama kota Saranjana.

Menurut mitos masyarakat pesisir Kota Baru, Saranjana adalah sebuah kota yang tak kasat mata dengan sistem pemerintahan kerajaan yang dihuni oleh jin muslim. Ada juga yang mengatakan bahwa orang-orang Saranjana adalah orang BULIAN. Manusia juga seperti kita, bukan jin. Hanya saja mereka “halimun”.

Ketika pesawat adam air hilang sekitar awal Januari 2007, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa pesawat itu masuk kedaerah Saranjana. Berbagai upaya sia-sia karena sekali masuk Saranjana tidak akan pernah kembali. Jika pun kembali itu karena unsur keberuntungan.

Kita harus percaya bahwa dunia gaib itu ada dan nyata.

Puisi
SARANJANA

Karya : Noor Fajriaeni Amelia
SMA PGRI Kotabaru

Terdengar suara burung yang merdu
Angin yang berhembua dengan sepoi-sepoi
Pohon-pohon melambaikan daunnya

Pemandangan di sana begitu indah
Air yang jatuh dari atas ke bawah itu indah
Di sana itu benar-benar indah

Terlihat pohon-pohon begitu indah
Bebatuan tersusun dengan rapi
Di sana itu benar-benar indah

Oh…
Indahnya Saranjana ini
Seperti di surga

34 thoughts on “Saranjana Kota Ghaib Di Pulau Halimun

  1. teman ad yg cerita kl seseorang di kota baru ada yg bisa masuk ke alam ITU dan pulang selalu dalam keadaan sehat di alam nyata, namun ia kesana apabila ada undangan saja, dari alam tersebut.
    bnar ngak nya. Hal ini ku ngak tau, ceritanya teman saja bgt. aku pcy saja ttg adanya alam itu,, krn tertulis banyak di al qur’an. meski aq blm bs mejeng ksana.

  2. Saya pernah dengar cerita dari teman saya di stagen katanya waktu subuh jam 4 ada pesawat yang mendarat di lapangan pesawat . ibu nya teman saya terkejut dikira gempa .. tapi setelah ditanya tidak ada yang mendarat pada jam 4 .. emang ada ya pesawat mendarat jam 4 .. itu bertepatan pada musim haji tahun 2013 .teman saya bilang itu adalah orang-orang saranjana. saya jadi merinding mendengar teman saya bercerita.

  3. saya adalah salah satu penduduk asli di tanjung pelayar bagiian lontar, sarangjana itu memang ada sudah banyak hal2 aneh aku lihat seperti tetanggaku yang tiba2 hilang setelah di cari tiba2 ada di atas pohon kecil tapi aneh nya ranting yang di dudukinya sangat kecil tidak patah setelah di selamatkan sama orang pintar dibawalah ke rumah tapi beberapa jam kemudian tiba2 ada pesawat yang datang di atas rumah orang tersebut tapi tidak semua orang dapat melihatnya hanya orang2 tertentu saja…ada juga orang kampung yang sedang mengambil kayu bakar tiba2 kereta api lewat di belakangnya. masih banyak cerita2 lainnya sob.
    saran saya kalau kesana jangan memakai baju yang terang terutama KUNING karna warna kuning ciri khas dari sana, kalau anda kesana dan melihat sesuatu yang ganjil tidak usah di hiraukan

    PERCAYALAH DENGAN HAL2 YANG GAIB KARENA ITU MEMANG ADA TERBUKTI ADA DI DALAM AK-QURAN DAN SEBAGAI ORANG YANG BERIMAN KITA HARUS PERCAYA DAN KITA HARUS SALING MENGHORMATI WALAUPUN ALAM KITA BERBEDA

  4. Kata guru saya, klonya makhluk gaib daerah serenjana itu orgnya banyak yg kaya raya, di situ pusat kota pelabuhannya klo pusat peserintahannya di gunung pamaton, daerah martapura..dekat riam kanan…hanya allah yg mengetahu’I segala rahasia…

  5. Kisah macam ini ng wajib d’ketahui wn generasi
    muda Sa’ijaan.. Mngkin ada yg masih ingat cerita
    Seorang Tentara,orang” mnyebut x ‘Hercules’ yg terjebak slma 6hari(menurut beliau) d’Hutan Saranjana,tpi d’dunia nyata sudah 6tahun.Beruntung Beliau bsa kembali tpi dlam k’adaan ‘Agak Kurang’.konon cerita ini terjadi sekitar tahun 80’an… Selain Sya,warga Asli kotabaru lain x jga pasti bnyak px cerita kejadian mistis d’Saranjana,..
    Tukang ojek yg terjebak selama 3jam,tpi d’dunia nyata sudah 3bulan..

    • Weh, hebat…
      Bgmn caranya anda bisa kesana..?
      aku penasaran dg ciptaan tuhan kita yg satu ini. alam yg lain mnakutkn ceritanya, yg ini kok tdk…? ini yg mbuat ku penasaran.
      sooal yg gaib Nabi kita gamping saja kl mau lihat, tp kita pengikut nya… suliiit. suliiit. Bgmn. .?

  6. aku asli orng kotabaru prcya klau saranjana itu memeng ada karna haktu aku kcil aku pernah meliat orng naik kuda orng itu naik kuda putih dan pakai nya serba kuning jdi aku prcya klau saranjana itu ada krna kalau kta engga prcya ada nya orng gaib itu sama aja kta tdk prcya ada tuhan karna alam kta ini bukan kita aja yng menempati msh banyak juga orng gaib

  7. Sbnrnya saya jga asli kab kotabaru,tepatnya d dsa selaru,,
    Saya pernah mndengar cerita dari pamn saya,ktika ia pergi berburu kancil,kehutan pa mlam senin,d dalam gutan ia mendengar seperti ada acra besar,terdngr musik,yg bgitu keras,tapi saat ia mncoba untuk lbih mndngrknya suara2 itu pun hlang.

    Dan ada satu lagi,anak dari teman bpa saya,mnghilang kti ka mmancing d muara sungai tapi ia brhasil kmbali dan ia cerita, waktu itu saya dn teman saya,pergi k’muara sungai mnggunakn prahu kayu,ssmpai d sana,kmi pun sangt bnyak mperoleh ikan,kmi pun berggs pulang,karena mthari mlai terbnam,saya merasa,arah yg saya tmpuh bnr,dan saya pn sampai d rmh saya sndiri,saya mandi saya makan saya pun tidur,ktika k’esokn hrinya,saya bangun tidur,dan mencuci muka,k’kamar mandi,air pun trasa asin dan spontn,suasana rumah,brubah jadi,hutan mangrup,saya terjut,saya lhat tman saya sedang makn,yg ia makn adlh daun dan buah,bakau,saya mncoba mmanggilnya,ia pun tak mndngr,rupanya ia blum sadr,saya lari,smbil triak,tolong”,,,dan saya smpai d sbuah tambak,saya ikuti jalan yg ada di smpng tambak ikan itu,dan saya pun brhasil,kluar dn mnmukn jalan raya,saya pun pulang k’rumah,ayah ibu saya mngis,saya crita smuanya,tpi bnyak yg tidk prcaya,saya d tanya mana tman mu,kta orang,trs dtng ibu tmn saya,mna ank ku,kamu udah bnuh dia ya,tidk bu,kami smalm trtdur,td pgi say liat ank ibu,msih blum sadar,dri hyalnya,saya lari dluan bu,ktika itu orng” pu ramai pergi mncari,tman saya yg blum pulang,alhmdulilah,ia brhsil d tmukan,dlam k’adaan slamt,

    Munkin ini saja yg saya bsa critakn,lo mmbhns sranjana,tdak ada habisnya,smoga dngan adanya saranjana pulau kita,terhindar dari bncana,

  8. orang2 yang tersebut di artikel mirip dengan orang yg kami temui saat jalan2 ke saranjana tahun lalu…
    ibu2 yg cerita malam tahun baru terdengar bunyi iring2an mobil yg rame sekali, yg setelah diintip ga terlihat satu mobilpun..pa sulaiman, eks kepala desa tempat kami meminjam pelampung buat ke saranjana, p bedi pemilik kapal dan mengantarkan kami ke saranjana, trus yg cerita di warung pisang goreng ttg penumpang feri yg tadinya banyak tiba2 saja menghilang…..

    • Bukan sekedar cerita, ini sangat dekat dengan kepercayaan masyarakat Kotabaru yang sering mengalami hal-hal yang tidak bisa diterawang dengan akal sehat.

Silahkan bicara Sobat ::

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s