Bukti Dari Keberadaan Kota Mistis Saranjana


Kota Saranjana tidaklah asing di telinga masyarakat Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Keberadaan kota mistis ini di yakini adanya karena orang-orang yang menghuni kota mistis Saranjana sering menampakan keberadaanya baik itu di daerah kalimantan selatan terutama Kotabaru ataupun di daerah jauh seperti pulau Jawa silahkan baca artikel saya sebelumnya Kota Saranjana. Penghuni kota Saranjana merupakan makhluk halus atau sebangsa Jin.

Berikut keterangan saksi mata yang bersedia berbagi ceritanya.

Oleh Sumardi Ardi (https://www.facebook.com/sumardi.adi.98)

“Aku asli orang kotabaru percaya kalau Saranjana itu memang ada. Waktu aku kecil aku pernah melihat orang naik kuda, orang itu naik kuda putih dan pakaian nya serba kuning jadi aku percaya kalau saranjana itu ada. kalau kita enggak percaya ada nya orang gaib, itu sama saja kita tidak percaya ada tuhan. Alam kita ini bukan kita saja yang menempati masih banyak juga orang gaib”

Oleh R H

“Sebenarnya saya juga asli dari kabupaten kotabaru,tepatnya di desa Selaru. Saya pernah mendengar cerita dari paman saya, ketika ia pergi berburu kancil, ke hutan pada malam senin, di dalam hutan ia mendengar seperti ada acara besar, terdengar musik, yang begitu keras, tapi saat ia mencoba untuk lebih mendengarkannya suara-suara itu pun hilang.

Dan ada satu lagi, anak dari teman bapa saya, menghilang ketika memancing di muara sungai tapi ia berhasil kembali dan ia cerita, waktu itu saya dan teman saya, pergi ke muara sungai menggunakan perahu kayu, sesampai di sana, kami pun sangat banyak memperoleh ikan, kami pun bergegas pulang, karena mathari mulai terbenam, saya merasa, arah yang saya tempuh benar, dan saya pun sampai di rumah saya sendiri, saya mandi saya makan saya pun tidur, ketika ke esokan harinya, saya bangun tidur, dan mencuci muka, ke kamar mandi, air pun terasa asin dan sepontan, suasana rumah, berubah jadi hutan mangrup, saya terkejut, saya lihat teman saya sedang makan, yg ia makan adalah daun dan buah bakau, saya mencoba memanggilnya, ia pun tak mendengar, rupanya ia blum sadar, saya lari, sambil teriak, tolong-tolong, dan saya sampai di sebuah tambak, saya ikuti jalan yang ada di sampng tambak ikan itu, dan saya pun berhasil, keluar dan menemukan jalan raya, saya pun pulang ke rumah, ayah ibu saya menangis, saya cerita semuanya, tapi banyak yang tidak percaya, saya di tanya mana teman mu, kata orang, terus datang ibu teman saya, mana anak ku, kamu udah bunuh dia ya, tidak bu, kami semalam tertidur, tadi pagi saya lihat anak ibu, masih belum sadar, dari hayalannya, saya lari duluan bu, ketika itu orang-orang pun ramai pergi mencari, teman saya yang belum pulang, alhmdulilah, ia berhasil di temukan, dalam keadaan selamat.

Mungking ini saja yang saya bisa ceritakan, kalau membahas Saranjana, tidak ada habisnya, semoga dengan adanya Saranjana pulau kita, terhindar dari bencana.”

Oleh Mahmed

“Orang-orang yang tersebut mirip dengan orang yang kami temui saat jalan-jalan ke saranjana tahun lalu…
Ibu-ibu yang cerita malam tahun baru mendengar bunyi iring-iringan mobil yang rame sekali, yang setelah diintip tidak terlihat satu mobilpun. Pak sulaiman, kepala desa tempat kami meminjam pelampung buat ke saranjana dan Pak Bedi pemilik kapal yang mengantarkan kami ke Saranjana, terus bercerita di warung pisang goreng tentang penumpang feri yg tadinya banyak tiba-tiba saja menghilang.”

Bukti lainnya datang dari band terkenal di Indonesia Adaband yang pernah mengadakan konser di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Adaband sendiri yang menceritakan langsung pengalamannya dalam salah satu acara program televisi PAS Mantap Trans 7 dan di posting di website resmi mereka.

http://www.mytrans.com/video/4685/ada-band-ditonton-oleh-hantu-ketika-konser-di-kalimantan-selatan/

5 thoughts on “Bukti Dari Keberadaan Kota Mistis Saranjana

  1. saya jg pernah ke kota baru dan sy jg pernah melihat gunung sarangjana sy jg pernah dengar cerita tentang sarangjana dan sy ingin bertanya klo memang sarangjana ada bagaimana bentuk mereka???

  2. Saya juga berasal dari kota baru kalimantan selatan
    saya ingin bercerita tentang sarangjana
    Paman saya perna memburu ke hutan. Aneh nya kenapa kancil yank dia dapat telinganya ditandai
    kata paman saya ini kancil milik orang sarangjana

    itula
    h yang dapat saya sampaikan

  3. Kabupaten saranjana sudah saya dengar tahun 1998 sewaktu SMA, teman dekat cerita kalo pamannya pernah hilang selama 1 bulan sewaktu melakukan perjalanan dari banjarmasin ke kotabaru sekitar tahun 1985 an. Pamannya cerita bahwa dia tersesat dalam perjalanan dan menemukan sebuah kota yg lengkap fasilitasnya, seperti ada mobil, ada polisi dan lainnya. Pamannya tersebut bingung karena plat mobil/motor tidak dikenalnya, dan kemudian pamannya tersebut menginap disebuah rumah selama 1 malam dan besoknya melanjutkan perjalanan kembali. Tidak disangka pamannya sampai ke kotabaru dan pihak keluarga menanyakan kemana pamannya tersebut selama kurang lebih 1 bulan menghilang. Ada juga teman waktu memancing di laut pada malam hari disekitar pulau tersebut melihat sebuah kota yang gemerlapan dengan sinar lampu seperti kota singapura. Cerita lainnya ada sebuah kapal yg berisi mobil mewah menuju pulau tersebut dan awak kapal tersebut singgah utk menanyakan letak kabupaten saranjana.

  4. Ping balik: サランジャナ街(Kota Saranjana) « すかSUKI

Silahkan bicara Sobat ::

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s