Kabupaten Kotabaru


Kabupaten Kotabaru adalah salah satu kabupaten dan yang terbesar di Kalimantan Selatan. Hampir sebagian wilayahnya merupakan pulau. Salah satunya Pulau Laut letak ibu kota Kabupaten Kotabaru berada dan di sanalah saya lahir. Disebut Pulau Laut karena pulau tersebut dikelilingi oleh lautan. Penyebutannya sudah ada semenjak jaman kerajaan dulu.

Berikut foto-foto yang menggambarkan pesona dan keindahaan kota yang mempunyai nama lain Kota Saijaan.

Foto di atas merupakan pesisir tempat ibu kota kabupaten Kotabaru berada.

Lambang Kotabaru adalah ikan todak. Kalian bisa menemukannya jika berkunjung di Siring Laut yang merupakan nama dari pesisir laut kota. Bukan dalam bentuk gambar tapi lebih dari itu, bentuk 3 dimensinya berupa patung ikan todak raksasa.

Kalian bisa berfoto di bawah patung ikan todak tersebut seperti yang dilakukan anak-anak Kotabaru di atas. Selain itu pemandangan lautan yang dihiasi kapal-kapal akan menjadi bonus keindahan untuk dinikmati.

Karena hampir seluruh wilayahnya terdapat lautan maka sebagian besar rakyatnya bekerja sebagai nelayan. Hal ini membuat ikan sangat mudah didapatkan. Seperti yang dikatakan peneliti dunia orang yang sering makan ikan akan meningkatkan kecedasannya. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi rakyat Kotabaru sebagai peluang besar untuk menjadi cerdas.

Nelayan Kotabaru menggunakan kapal yang terbuat dari kayu. Jumlah kapal nelayan Kotabaru sangatlah banyak, bisa kalian lihat sendiri pada gambar.

Sampai-sampai sebuah Tugu dibuat untuk melambangkan keperkasaan Nelayan kotabaru. Tugu dengan nama “Tugu Nelayan” sudah sejak lama berdiri. Keberadaannya di tengah-tengah Kota dijadikan sebagai acuan titik nol kilometer kabupaten Kotabaru

Pernah dengar lagu daerah “Kotabaru Gunungnya Bamega”. Itu yang sering dikenal rakyat Indonesia pada umunya. Lagu itu menjadi lagu daerah kalimantan selatan. Bukan sekedar kiasan tapi sesuai dengan kenyataannya, bamega artinya banyak menggambarkan gunung-gunung yang banyak terdapat di Kotabaru. Bukan gunung merapi loh tapi gunung-gunung biasa yang sangat aman bahkan pohon-pohon pun betah tinggal di sana. Sekian banyaknya gunung salah satunya terdapat yang terbesar bernama gunung Sebatung seperti gambar di atas.

Kotabaru bisa dikatakan Kota Hijau karena masih banyak pepohonan yang menghiasi perkotaan. Juga tergambar pada salah satu mesjidnya yang bernama Mesjid Miftahul Jannah.

Di dalam kartun doraemon terdapat gunung yang terletak di tengah kota. Nah kalian juga bisa menemukan gunung tersebut di Kotabaru. Tapi bukan di dalam dunia khayalan kartun di sini kalian bisa menyaksikan langsung sensasi gunung di tengah kota. Letaknya juga dekat dengan sekolahku dulu SMPN 2 Kotabaru . Aku ingat saat pulang sering lewat puncak gunung. Pepohonan besar-besar pabrik udara sejuk di samping jalan membuat suasana dalam perjalanan menyenangkan. Gunung itu kami menyebutnya gunung Reli karena banyak terdapat menara (reli) di sana.

Tempat ibadah Cina yang sering disebut Tempekong juga menambah keindahan Kotabaru.

Ini dia tempat menyenangkan lainnya di Kotabaru namanya Siring Laut Kotabaru. Merupakan tempat santai di pinggir laut untuk menikmati pemandangan laut dan udara hembusan laut.

Bukan hanya itu yang bisa dinikmati di sana. Saat sore Siring Laut sering dikunjungi anak muda Kotabaru untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Tidak ada habisnya jika bicara tentang Siring Laut. Saat malampun di sana akan dipenuhi dengan cahaya indah. Ditambah pasar malam dan rumah makan yang hanya bisa di temui saat malam hari saja.

Tidak bagus jika saya berhenti di tengah-tengah. Lagi tentang Siring Laut. Di sana Juga terdapat daratan luas yang terbuat dari beton yang berdiri di atas laut. Tempat yang sering digunakan warga kotabaru berkumpul.

Berikutnya Taman Kota yang bernama taman Lalu Lintas bisa menjadi pilihan selanjutnya sebagai tempat favorit bersantai. Walaupun letaknya di pinggir jalan tidak perlu khawatir akan menonton kemacetan karena sangat jarang menemukan kemacetan di sini.

Eh kenapa Pulau Laut Kotabaru di kelilingi kapal tempur TNI nih? ehm mungkin untuk menjaga Pulau Laut dari perusahaan asing yang ingin menambang, hehe. Berdasarkan peraturan daerah Kotabaru tambang di Pulau Laut dilarang.

Tempat wisata di Kotabaru cukup banyak diantaranya sebuah pantai yang indah yang dikenal warga Kotabaru dengan sebutan Sarang Tiung tapi nama sebenarnya pantai Kedambaan.

Juga ada kolam renang yang letaknya tidak jauh dari Pantai Sarang Tiung. Namanya kolam renang Kedambaan. Setelah mandi air asin laut bisa langsung mandi air tawar kolam.

Lalu yang dekat dengan Kota, tempat pemandian alam lengkap dengan air terjunnya yang berada di desa Sebelimbingan namanya Tumpang Dua.

Kabupaten Kotabaru juga memiliki pulau-pulau kecil yang Indah salah satunya pulau Samber Gelap yang merupakan tempat habitat Penyu penampakannya foto di atas. Ada Vila di sana sebagai tempat wisatawan dilengkapi signal telepon yang disediakan oleh pulau tetangganya pada foto di bawah ini.

Tetangga pulau Samber Gelap adalah Pulau Sawa. Ukurannya lebih kecil dengan menara dan vila yang juga berukuran kecil.

Masih banyak keindahaan yang ingin saya gambarkan. Tapi berhubung ini blog bukan novel jadi cuma segini dulu.

Mungkin karena sangat indahnya pak Presiden Jokowi berkunjung ke Kotabaru. Di bawah ini adalah Foto pak Presiden Jokowi dan Bupati Kotabaru pak Ilhami.

Kantor Bupati Kotabaru terletak di depan Siring Laut Kotabaru yang berhadapan langsung dengan laut seperti pada gambar di bawah. Sangat menyenangkan menjadi Bupati Kotabaru karena dapat melihat pemandangan laut yang indah.

5 thoughts on “Kabupaten Kotabaru

Silahkan bicara Sobat ::

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s