Gedung Garuda Satu-Satunya Di Dunia Ada Di Indonesia


Gedung unik itu bernama GRAHA GARUDA TIARA INDONESIA(GGTI).
Dari hasil penelusuran saya, dari internet, saya mendapatkan informasi sebagai berikut :

kompleks Garuda Tiara ini terdiri atas wisma A, B, C, D, dan E, yang merupakan bagian sayap dan masing-masing terdiri dari 3 lantai dengan total 456 kamar. Bagian dada dan kepala Garuda terdapat lobi dan ruang konvensi yang mampu menampung 3 ribu orang. Sedang di bagian ekor diperuntukkan bagi hotel total ada 196 kamar.

Menurut Google Maps, gedung itu berada di daerah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
GGTI dari google maps

Sejarah GGTI:
Gedung tersebut proyek milik Presiden RI ke dua Alm. Jendral Besar Soeharto.
Rancangan Proyek Soeharto

kini semuanya jauh berbeda. Setelah beberapa tahun berlalu, ilalang dan terik matahari merusak semuanya. Taman-taman dan bangunan megah seolah sirna.
Atap bangunan mulai lapuk serta tembok-tembok tampak kusam. Kaca-kaca gedung juga tampak rusak.

Berikut keadaan terkini gedung garuda tersebut yang saya ambil dari google map, terlihat masih tampak tidak terawat sampai sekarang.
Gedung Garuda 2013 Oleh Google Map

Ini cerita yang saya dapat dari internet :

Tidak ada lagi denyut kehidupan di gedung yang dahulu biasa disinggahi ekspatriat asing, yang banyak bekerja di pabrik-pabrik di sekitar lokasi.
Jika nasib baik masih melekat, Graha Garuda Tiara Indonesia (GGTI) sungguh megah. Selain memiliki wisma, hotel, helipad, sarana olahraga, dan 2 tower apartemen, bangunan itu juga memiliki gedung konvensi.
Sekarang Garuda Pancasila raksasa itu tinggal kenangan. Rombongan tamu yang menginap seperti saat Soeharto masih jaya, tak terlihat lagi. Pemuda-pemudi yang tergabung dalam Kirab Remaja Nasional juga tak pernah mampir.
Bila malam tiba, tidak ada penduduk yang berani melintas di sekitar graha. Mereka hanya berani lewat pada siang hari, melintasi jalan setapak yang membelah kawasan tersebut.
Graha Garuda Tiara saat ini dijaga 40 petugas keamanan. Mereka berjaga bergantian, satu regu terdiri dari 16 orang. Musuh utama mereka adalah pencuri barang bekas yang siap mengincar baja-baja kokoh bangunan mahal itu.

Pemerintah akankah mempedulikan gedung berbentuk garuda tersebut (Graha Garuda Tiara Indonesia). Moga saja iya… Menurut saya itu suatu kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Dan hebatnya lagi…
Plang nama gedung GGRI tersebut,Selain ditumbuhi ilalang, juga dijadikan ‘media grafiti’ para pelajar. Keren. Hehe.
Kreatifitas Anak Bangsa

5 komentar di “Gedung Garuda Satu-Satunya Di Dunia Ada Di Indonesia

  1. sangat disayangkan gedung sebesar dan semegah itu di ratakan tanah… disamping punya nilai sejarah peninggalan presiden RI ke 2,masih bisa digunakan sebagai fungsi awalnya dengan pemerintah merenovasi..

  2. apalagi skrng bngunan itu sdh rata sma tnah.. apalagi tnahnya pun dikeruk smpai dlm… sungguh syg sekali bangunan seindah itu kini tinggal kenangan.. tdk tahu mau di jadikan apa lahannya

  3. sayang kalo pemerintah tidak memanfaatkan gedung tersebut, jangan sampai karena bangunan tersebut peninggalan Soeharto jadi Pemerintah ogah ogahan, mending Pemerintah merenovasi bangunan tersebut guna untuk di gunakan seperti fungsi awal nya, lumayan buat mengurangi pengangguran.

Silahkan bicara Sobat ::

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.